Rabu, 01 Februari 2012

Filled Under:

SADARKAN DIRIMU

Sob... jika seseorang membuatmu marah, pikirkan dulu dan jangan pernah sekalipun kamu mengeluarkan amarahmu secara berlebihan. Karena rasa amarah dengan kebencian tak akan pernah menyatu, iya kan? Oya, amarah itu sama saja dengan nafsu lhoo! Makanya, hati-hati sama yang namanya marah. Ingat ya, Sob..!
        Di zaman Rasulullah SAW ada seorang lelaki yang datang menemui beliau dan mengatakan, Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka.Maka beliau SAW bersabda, Jangan tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkan.”(HR. Thabrani, Shohih). Ada beberapa alasan kenapa seseorang dianggap penting untuk mengendalikan amarah dalam kehidupan kesehariannya, yaitu :
1.     Marah menyebabkan tercela
2.     Marah dapat membinasakan hati
3.     Marah dapat mengubah fungsi organ tubuh
4.     Marah akan mempercepat kematian (karena kesehatan organ tubuh yang menurun)
Secara logis, jika kebencian dibalas amarah pasti orang akan membuat hatimu jatuh ke titik yang rendah dianggap menang. Why? Karena dia dapat membuatmu tak bisa menahan rasa amarahmu sendiri. Maka dari itu, balas saja dengan senyuman. Sob, sabar aja, anggap semua itu hanya angin lalu dan tetap berpikiran positif. Lagian juga, bukankah jika orang menyakiti hati orang lain itu pahalanya diberikan ke orang yang disakiti? Kan kata Rasulullah itu, banyak orang yang akan menyesal ketika nanti di akhirat karena pahalanya diberikan ke orang lain akibat dia menyakiti hati mereka. Oya, pepatah bilang, Hari kemarin adalah kenangan, hari esok adalah misteri, dan hari ini adalah anugerah.Maka dari itu, Sob, santai aja jangan terlalu panik dengan kejadian yang membuat dirimu terluka sehingga kamu mengeluarkan amarahmu secara berlebihan.
Jika belum selesai masalahnya, tenyakan saja ke dia apa yang membuatnya menyakiti kamu. Nah, setelah itu pikirkan baik-baik. Kesalahan yang kamu perbuat dapat menjadi pupuk perubahan untuk hari esok yang akan datang. Berusahalah untuk menjadi orang yang meminta maaf. Dan jika dia yang pertama kali meminta maaf, maafkan dia, bukankah memaafkan itu lebih sulit daripada meminta maaf. Nah, coba saja.
Oya, sesuatu itu dihitung dari baik atau buruknya manusia, bukan karena pintar atau bodoh, cantik, baik, buruk, dll. Semua itu di hadapan Allah sama saja karena Allah lah yang menciptakan kita, Tuhan Alam Semesta ini. Hari esok, ketika hari kiamat tiba, langit akan pecah berkeping-keping, dan bumi di datarkan. Saat itulah manusia, hewan, tanah, tumbuhan, dan air akan menjadi satu. Ketika langit dan bumi bersatu, bencana dan keberuntungan sama saja.
Jadi, jangan pernah menyakiti orang lain karena menyakiti hati orang lain itu sama saja dengan menyakiti diri sendiri. Nah, bagi yang tersakiti, cobalah untuk memaafkannya, oke?

By : Alfisna Fajru Rohmah
Pemenang Lomba Karya Tulis Class Meeting 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 OSIS SMPIT Nurul Islam Tengaran.